Gunakan Pembacaan Huruf “C” dengan benar!

in

Tulisan ini saya buat berdasarkan kejadian yang sering terjadi di lingkungan sekitar saya. Mungkin tidak hanya saya yang pernah mengalaminya, namun mungkin juga anda. Huruf “C” merupakan huruf ketiga alfabet yang sering salah dibaca oleh masyarakat indonesia. Masyarakat kita sering terkontaminasi oleh bahasa asing, sehingga huruf ‘C’ sering dibaca ‘se’ bukan ‘che’. Kejadian ini sering terjadi di kelas saya. Dimana guru saya sering mengatakan A Be Se bukan A Be Ce, atau HCl dibaca Ha Se El.

Kita ini warga Indonesia, bukan warga asing. Jika kita salah menyebutkan huruf ‘C’ menjadi ‘Se’ maka kata-kata seperti ini malah jadi aneh dan tidak enak didengar, misalkan kata ‘Coklat’, jika terbiasa menyebutkan ‘se’ maka kata itu malah menjadi kata ‘Soklat’; Kata cacat dibaca sasat; kata cantik dibaca santik, dan lainnya. Aneh kan? Nah, Karena keanehan itu, saya mengajak anda semua untuk menyebut dan membaca huruf ‘C’ dengan baik dan benar karena kita memiliki bahasa terindah di dunia, jadi jangan rusak bahasa kita dengan bahasa asing dengan cara membaca huruf ‘C’ dengan ‘Che’ bukan ‘se’. Setuju?



My Popularity (by popuri.us)

Link Exchange

Epham Corp.

Our Friends