Berbahasa Benar, Bahasa Indonesia

in

INDONESIA RAYA

Indonesia, tanah airku, tanah tumpah darahku.
Di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku.

Indonesia, kebangsaanku, bangsa dan tanah airku.
Marilah kita berseru, "Indonesia bersatu!"

Hiduplah tanahku, hiduplah neg'riku,
Bangsaku, rakyatku, semuanya.
Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya Untuk Indonesia Raya!

Indonesia Raya, merdeka, merdeka
Tanahku, neg'riku yang kucinta.
Indonesia Raya, merdeka, merdeka
Hiduplah Indonesia Raya! (2x)

Mungkin anda heran dan bertanya-tanya mengapa saya menuliskan teks lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya? Mungkin anda menganggap biasa akan hal ini, tapi saya menganggapnya ini adalah hal yang luar biasa, kenapa? karena secara sengaja maupun tidak, hampir seluruh warga negara Indonesia menyebut nama negara tercinta kita dengan sebutan 'endonesa' bukan 'Indonesia', benar bukan?

Kata endonesa mungkin sudah mendarah daging di benak dan jiwa warga negara Indonesia sehingga hampir ditemukan di segala pelosok negara kita, mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa sering menyebut kata ini. Banyak media elektro juga menyebutkan kata 'endonesa,' bukan Indonesia untuk menyebut negara tercinta kita.

Bukan maksud saya membuka luka lama yang pernah terjadi sekitar tahun 2006, dimana negara Malaysia dan Singapura menyebut negara kita dengan sebutan 'Indon', masih ingatkah anda? Saya heran, mengapa kita marah negara kita disebut demikian? Banyak demo disana sini yang diselenggarakan dalam rangka memprotes sebutan tersebut. Kenapa kita harus marah? Toh dari kita sendiri lho menyebut NAMA negara kita saja masih salah, 'endonesa' bukan Indonesia.

Nah, dari artikel ini saya mengajak seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mengucapkan kata INDONESIA yang benar untuk nama tanah air tercinta kita, bukan 'endonesa' lagi, karena Indonesiaku Bukan Indonesia - Indonesiaan.


3 comments to...
“Berbahasa Benar, Bahasa Indonesia”
aku

setuju.. !!
negara kita itu INDONESIA..
bukan ENDONESAA
:D


mdhafiz

WAH!! gagahnya INDONESIA kamu!! sebagai rakyat MALAYSIA..saya tumpang gembira negara serumpun tidak seharusnya bergaduh sesama sendiri.. ayoh bangkitlah wahai bangsaku! INDONESIA RAYA! "Garuda Di Dadaku" !!


blog buat lboggers

Good posting sobat



My Popularity (by popuri.us)

Link Exchange

Epham Corp.

Our Friends